Pastikan Benih Bawang Putih Sesuai Spesifikasi, Penyedia Disidak

Pastikan Benih Bawang Putih Sesuai Spesifikasi, Penyedia Disidak

Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur bersama Polres Cianjur lakukan sidak gudang penyedia benih bawang putih, di Kampung Pasircina, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Senin (3/9/2018). Sidak dilaksanakan untuk memastikan ketersedian dan kondisi benih yang disiapkan.

Kepala bidang produksi tanaman hortikultura, U. Sipriatna Hasan mengatakan hasil sidak didapati seluruh benih bawang putih sesuai dengan spesifikasi. Selain itu jumlah yang tersedia juga melebihi dari jumlah yang dibutuhkan.

"Hasil pengecekan bersama, benih sesuai yaitu bawang putih dengan varietas sangga sembalun dengan jumlah yang tersedia sekitar 17,5 ton. Kondisi benih juga dalam keadaan sehat dan siap tanam," ujarnya.

Hasan menerangkan hal itu dilakukan sebagai upaya dinas pertanian Cianjur dalam meminimalisir pemalsuan benih bawang putih. Pengawasan benih juga melibatkan reskrim Polres Cianjur.

"Benih bawang putih yang akan digunakan oleh petani di Cianjur harus diperiksa legalitasnya. Sehingga hasil yang ditargetkan dapat tercapai," terangnya.

Sementara, penyedia benih, Suhendar mengaku tidak mengetahui jika akan dilaksanakan sidak di gudangnya. Namun Ia tak merasa khawatir dengan spesifikasi, kualitas dan kuantitas benih bawang putih miliknya.

"Silahkan saja dicek semua. Benih ini hasil budidaya lokal, bukan luar daerah," aku Suhendar yang juga menjabat sebagai ketua Gapoktan Multi Tani Jaya Giri (Mujagi).

Menurut Suhendar, proses pembenihan dilakukan di lahan seluas 3 hektar yang masih termasuk lahan gapoktan. Dalam satu hektar, benih bawang putih yang dihasilkan rata-rata sekitar 8 ton.

"Benih yang ada diseleksi ulang dan diposahkan guna sertifikasi untuk memastikan kualitasnya," sebutnya.

Hasil sidak dinyatakan benih sesuai dengan spesifikasi yang diharuskan dan kondisi benih dinyatakan sehat. Selain iti, kuantitas benih yang tersedia juga melebihi kebutuhan pengadaan. Berita acara ditandantangani semua pihak yang turut dalam sidak tersebut. (wan)

 




Tulis Komentar Facebook

Komentar Facebook

Bijaksana dan bertanggung jawablah dalam berkomentar, karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE